Kamis, 08 Maret 2012

Koneksi dengan ISP



Setelah memahami peran ISP dan proses pendaftarannya, maka kini kalian akan bersiap untuk melakukan koneksi dengan salah satu ISP, yaitu Telkomnet Instant. Koneksi ke ISP Telkomnet Instant tidak memerlukan pengisian formulir seperti halnya koneksi ke ISP lainnya, karena tagihan akan ditujukan kepada pemilik jalur telepon tersebut. Namun, sebelum melakukan koneksi dengan ISP, kalian harus memastikan bahwa modem telah siap untuk digunakan.

1. Instalasi Modem
Sebelum menghubungkan ke jaringan internet, pastikan terlebih dahulu komputer memiliki modem dan sudah terpasang dengan baik. Kemudian lakukan instalasi modem ke dalam komputer, agar modem tersebut dikenali dan dapat dioperasikan.







 Instalasi modem dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama menggunakan fasilitas “Add/Remove Hardware” yang ada di Control Panel sebagai berikut.
 
a.    Aktifkan menu Add/Remove Hardware yang ada di Control Panel
b.    Tekan tombol Next , sehingga computer akan mulai mencari jika
ada hardware baru
c.    Jika modem ditemukan, wizard memperlihatkan adanya hardware
yang terhubung ke computer dan telah terinstal
d.    Klik tombol finish untuk mengakhiri proses instalasi dan nama
hardware muncul dalam subfolder modem

Apabila dengan cara pertama modem belum terdeteksi, maka kalian dapat menggunakan cara kedua . cara kedua ini menggunakan fasilitas Phone and Modem Options yang juga terdapat pada Control Panel, dengan langkah sebagai berikut.

a.    Buka Control Panel dan pilih Phone and Modem Options
b.    Tekan tombol Add
c.    Tekan tombol Next sehingga computer mencari modem yang terpasang . Pastikan modem dalam keadaan hidup dan driver sudah di pasang di CD ROM. Dengan demikian computer dapat mengenalinya dan langsung menginstal driver yang diperlukan
d.    Jika modem ditemukan maka muncul peringatan atau pemberitahuan. Wizard memberitahu instalasi modem telah dilakukan dengan baik.
e.    Klik finish maka daftar modem yang sudah berhasil akan tampak kotak dialog Phone and Modem Options. Bagian kotak dialog yang awalnya kosong  telah berisi nama modem yang terinstalasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar